Manfaat Blog untuk Sang Saka

Ngeblog merupakan sebuah seni hidup. Tak ubahnya kita hidup di dunia nyata, beraktifitas di dunia maya (ngeblog) sekalipun kita terlibat dalam sebuah kehidupan baru dimana kita dituntut untuk bisa berinteraksi dengan orang (blogger) lainnya. Perlu berpikir dan bersikap untuk merasakan manfaat dari aktifitas ngeblog ini.

Manfaat blog sangat bergantung kepada tujuan awal kita ngeblog. Jika tujuan awalnya “gak jelas”, maka bisa dikatakan ngeblog itu “tak ada manfaatnya”. Tapi jika kita punya tujuan yang jelas, maka dengan sendirinya kita akan merasakan manfaat dari ngeblog itu sendiri.

Blog merupakan “alat” atau media yang sangat potensial. Jika tujuan kita ngeblog untuk hal yang sifatnya “negatif”, maka blog sangat berpotensi “merusak”. Mulai dari merusak pemikiran, mental, ekonomi , bahkan blog berpotensi untuk mengancam jiwa seseorang / kelompok / komunitas tertentu. Ini bukan lelucon, faktanya tidak sedikit orang “frustasi” karena ngeblog, tidak sedikit juga orang yang menjadi korban “penipuan”, bahkan ada orang yang menjadi korban dari perilaku “bulying” sampai nekat mengakhiri hidupnya.

Tapi jika tujuan kita ngeblog adalah untuk kebaikan, maka lambat laun akan banyak mendatangkan manfaat. Salah satu manfaat ngeblog yang saya rasakan adalah “bahagia”. Terkesan simple memang, tapi itulah yang saya rasakan sampai saat ini. Bahagia karena hidup menjadi lebih berwarna dengan aneka ragam cerita, bahagia karena menambah wawasan dengan saling berbagi, bahagia karena bertambah sahabat dengan saling bersilaturahmi, bahagia karena bisa menafkahi keluarga dengan monetizing, poko’nya bahagia…

Dan saya sangat yakin, bahwa semuanya setuju untuk ngeblog demi kebaikan… Mari kita budayakan ngeblog dengan niat yang jelas dan tulus… Tunjukkan bahwa kita adalah blogger Indonesia yang punya etika… Selamat berkarya anak bangsa…

Salam – Sang Saka :victory:

Comment using your Facebook


Warning: Division by zero in /home2/saka21/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1379

Baru ada 48 respon di tulisan “Manfaat Blog untuk Sang Saka

  1. adohhhhh
    Tinggaleun zaman euy…
    dah lama gak berkunjung ternyata blognya dah gak gratisan lagi.,
    yah pokokny selamat we buat kang saka

    yang lama kunaon ?
    dikutuk ku mr wp sanes ? :haha: :haha: :haha: :anger: :anger:

  2. 😆 😆 😆 😆 😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Pingback: Peserta Kemeriahan di Leysbook | arkasala(dot)com

  2. Pingback: Alhamdulillah... Alhamdulillahirobbilalamin... | cas on the blog

  3. Pingback: Peserta Kemeriahan di Leysbook, Manfaat Blog untuk Anda !!! « Leysbook's Blog