WordPress dan Professional Web

Penulis ›Yayat S38

Seseorang yang pernah menjadi salah satu karyawan di perusahaan menengah yang bergerak di bidang distribusi minyak dan gas. Saat ini sedang mencoba belajar dan mencari peruntungan di bisnis online dan lagi doyan motret.

wordpressAgak tergelitik ketika membaca salah satu komentator di sebuah situs berita terbesar yang memandang wordpress diunduh secara gratis dianggap tidak professional dan kurang layak untuk digunakan sebagai platform untuk sebuah web. Jadi teringat ketika saya pertama kalinya membuat blog dengan menggunakan joomla dianggap kurang pas karena joomla lebih dikhususkan untuk web professional tidak pas untuk sebuah blog apalagi bagi saya kali sebagai blogger pemula 😀 . Jadi bolak balik itu seru he he. Pun demikian komentar seorang kawan tentang peran drupal yang dikhususkan pula untuk membuat web yang lebih professional.

WordPress, Drupal, Joomla dan Blogspot yang saya kenal, keempatnya adalah sebuah Content Management System, yaitu platform untuk membuat sebuah web dan/atau blog. Keempatnya bisa kita peroleh dan diunduh serta digunakan secara gratis.

Saat ini keempatnya seakan saling berlomba untuk selalu menyempurnakan “senjata hebatnya” dimana selalu mengupdate sehingga baru-baru saja kita mengupgrade dan mendapat berita tentang WordPress 3.2.1, Drupal 7.9 dan Joomla 1.7.

Bagi saya sebagai platform web yang bisa diunduh secara gratis, keempatnya tidak bisa kita lantas menganggapnya tidak professional. Gratis tidak berarti tidak professional. Berikut contoh beberapa professional yang menggunakan platform secara gratis :

  • Stuart Tan dan Jillian yang sudah lebih dulu menggunakan blog sebagai ajang komunikasi dan bisnis di dunia online menyarankan wordpress sebagai sarana terbaik baik untuk membuat blog pribadi maupun orientasinya untuk bisnis dan tidak tertutup kemungkinan untuk dibuat web statis karena sebuah platform yang simple dan mudah dipelajari.
  • Symantec menggunakan platform drupal untuk membuat situs yang kemudian kita tahu bahwa Symantec adalah salah satu produsen yang mendunia untuk produk antivirus dan software lainnya (drupal.org)
  • PU.GO.ID dan Radar Jogja memilih Joomla sebagai platform websitenya sebagaimana kita tahu, PU.GO.ID adalah situs Kementrian Pekerjaan Umum dan Radar Jogja adalah salah satu harian daerah (Adi Baskoro :2009).
  • Blogguebo adalah salah satu blogger terbaik di negeri ini yang menggunakan blogspot sebagai basis untuk blogging yang tetap konsisten memberikan tips-tips blogging dan berbisnis di dunia online.

Jadi bagi saya, professionalisme tidak diukur dari platform CMS yang digunakan untuk sebuah web atau blog akan tetapi bagaimana kita memperlakukan sebuah situs atau blog termasuk situs yang berbasis wordpress. Menurut kawan2 punya pendapat lain ?

Comment using your Facebook


Warning: Division by zero in /home2/saka21/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1379

Baru ada 15 respon di tulisan “WordPress dan Professional Web

  1. Sim kuring mah teu ngartos nu kararitu teh … saat ini baru sebatas \”yang penting punya blog\”, soal prof or not na mah can pati ngarti komo aya bahasa Drupal 7.9 dan Joomla 1.7. simkluring mah nu ngartos kur wordpress jeung blogspot wungkul aaahhhhh ooot nya kang ? Nuhun ah tos dikunjungi, meni sono

  2. konon menurut ahli bahasa, pengertian “profesional” adalah suatu kegiatan yang bertujuan mendapatkan keuntungan dan pelakunya memiliki tingkat pengetahuan lebih pada bidangnya kebalikan dari “Amatir”
    Juragan Saka(inget) adalah seorang blogger profesional yang menapaki dunia blog dari sejak masih amatiran.. 😀 😀

    **panjang teuing komentarna nya
    (kirain bukan tulisan lurah Pacar Kembang.. pas baca di baris akhir baru “ngeh” horeng teh ieu hasil tapa dina luhur genteng tea) 😀 😀

  3. Kalawo boleh saya urun rembug, profesional web itu terkait dengan banyak sedikitnya konten webnya mas, kalawo dari sisi CMS atawo sejenisnya, itu sih relatif. Kayak menilai manusiya, nggak pas kan hanya dari segi cashingnya dowang. Kalawo saya profesionalisme web lebih kepada konten web, not cashing. 😀 Mbuh bener mbuh salah. 🙄

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *