Optimasi Gambar menggunakan Yahoo! Smush.it™

Semenjak Google miara Panda, keunikan konten dan kecepatan loading sebuah halaman web menjadi issue yang utama dalam menentukan posisi sebuah halaman web di SERP (Search Engine Results Page). Perubahan cara kerja ini tentu membuat kita harus beradaptasi dengan cara kerja mesin pencari tersebut. Terlebih jika sobat menjalankan bisnis secara online, search engine traffic tentu menjadi andalan untuk menumbuhkan bisnis sobat.

Untuk sisi keunikan konten, tentu hanya isi kepala dan jari sobatlah yang bisa mengoptimasinya. Belum ada robot yang bisa menggantikan potensi ini. Meskipun banyak tools (plugin dan sejenisnya) yang mengklaim bisa membuat konten blog yang unik, namun tools tersebut memiliki banyak kelemahan, salah satunya adalah tingkat readibility yang rendah.

Seperti yang disebutkan di awal, kecepatan loading sebuah halaman web menjadi faktor yang cukup penting. Browser terbaru memang semakin canggih, termasuk kecepatannya dalam menampilkan sebuah halaman web. Namun semua itu tetap bergantung pada ukuran dari halaman web yang hendak ditampilkan. Semakin banyak gambar / image pada sebuah halaman web, maka ukuran halaman pun akan semakin besar. Tentunya akan mengakibatkan loading halaman tersebut menjadi lambat / tersendat.

Apakah salah jika sebuah halaman web memiliki banyak gambar di dalamnya? Tentu tidak. Jika salah, mungkin para photographer banyak yang gulung tikar dari dunia maya.

Optimasi Gambar menggunakan Yahoo! Smush.it™Untuk mengoptimasi gambar, sobat hanya perlu memperkecil ukuran bytes dari gambar tersebut (bukan memperkecil dimensinya). Sobat bisa menggunakan berbagai tools yang berfungsi untuk mengoptimasi gambar, salah satunya yang menurut saya mudah digunakan adalah Yahoo! Smush.it™.

Sobat bisa mengupload gambar atau menggunakan URL dari gambar yang akan dioptimasi. Tools ini secara otomatis akan memperkecil ukuran bytes dari gambar tanpa mempengaruhi tampilan visualnya. Sobat bisa membandingkan ukuran awal dan ukuran akhir setelah gambar tersebut dioptimasi.

Perlu diingat bahwa gambar hasil optimasi tersebut hanya tersimpan sementara, sobat harus segera menyimpan gambar tersebut ke komputer sobat. Klik pada nama file dari gambar tersebut dan simpan. Gambar tersebutlah yang nantinya sobat upload ke halaman web. Semakin kecil ukuran bytes dari gambar, maka semakin kuenceng loading halaman web sobat. *syarat dan ketentuan berlaku

Jika sobat adalah seorang developer web atau “pengrajin” template, sobat bisa menggunakan tool ini dengan menggunakan Add-ons untuk browser yang biasa digunakan. Browser yang didukung bisa dilihat selengkapnya di Yahoo! Developer Network.

Jenis gambar apa saja yang bisa dioptimasi menggunakan tool ini? Berapa ukuran maksimal gambar yang bisa dioptimasi menggunakan Yahoo! Smush.it™? Ah daripada saya yang jelasin, mending langsung cekidot di Smush.It™ – Frequently Asked Questions (FAQ)

Comment using your Facebook


Warning: Division by zero in /home2/saka21/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1379

Baru ada 28 respon di tulisan “Optimasi Gambar menggunakan Yahoo! Smush.it™

  1. etapi, btw.. ini blog meskipun gak ada gambar tapi loadingnya termasuk lambat loh.. cepetan LJ sekitar 2,4x. B-)

    bukannya mau sok atau apah, hanya sekedar masukan sajah.. agar blog ini gak tll merepotkan pengunjung krn akhir² ini untuk komeng pun terasa riweuh **tanya mamih Ly klo gak percaya.

    untuk itu kami beri tempo 3 hari untuk memperbaiki, atau dibongkar paksa..!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Pingback: Optimasi gambar menggunakan Plugin WP Smush.it » Tutorial Blog Wordpress