Mengapa bandwidth limit exceeded?

Penulis ›Dwi Budi

Menulis disela-sela kesibukan. Sebagai obat lelah. Terima kasih anda sudah berkenan membaca artikel saya, mohon koreksinya jika ada kesalahan.

Sebagai seorang pembaca blog setia, aktivitas saya sehari-hari adalah membaca artikel dari para juru tulis kelurahan(publisher blog kamsudnya). Dari kegiatan tersebut tentunya banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Namun saat hari ini mau mampir ke blog seorang blogger ngetop (terkenal banget lah pokoknya πŸ™‚ ), ada tulisan bandwidth limit exceeded. Weleh apa itu dan mengapa?

Arti bandwidth limit exceeded

Saya mencoba menerangkan dengan bahasa sederhana. Dapat diartikan bahwa penggunaan bandwidth dalam akun hosting, sudah melebihi kuota yang diberikan. Sebagai contoh, kuota bandwidth kita 1GB/bulan, ternyata baru 2 minggu berjalan, pemakaian sudah diatasnya, maka sampai tanggal 1 bulan berikutnya, halaman web kita akan dihiasi dengan tulisan indah bandwidth limit exceeded.

Bagaimana sih cara menghitung pemakaian bandwidth itu?

Mudah kok mase dan mbake, contoh simple adalah, kita memiliki satu halaman web dengan ukuran 1megabyte, dalam sehari, ternyata dibuka orang 20 kali, maka hasilnya adalah pemakaian bandwidth kita hari tersebut adalah 20megabyte.Untuk mengetahui besar halaman web kita, bisa menggunakan addon firebug di firefox atau chrome.

Trafik saya cuma sedikit, tapi kok bandwidthnya gila2an ??

Sabar… jangan buru-buru nyalahin penjual hostingnya ya, coba perhatikan apakah postingan anda mengandung gambar yang besar. Atau mungkin ada juga mesin-mesin jahat yang suka bergentayangan menyedot artikel dan menyedot gambar anda, tentunya ini akan makan bandwidth juga. Silakan gunakan plugin semacam bad behaviour, pc robots txt untuk menanggulangi mesin jahat tersebut. Atau jika gambar anda suka di copas dan ditaruh linknya di web lain, silakan lakukan hot link protection.

Trafik saya tinggi sekali, ada nggak solusi buat menghemat bandwidth?

Sangat bisa mase dan mbake, pilihlah template secara bijak, gunakan juga plugin kompresor misal untuk kompress html, kompres css dan kompres gambar. Lumayan untuk menghemat bandwidth.

Bisa nggak saya tahu, apa yang paling nyedot bandwidth di web saya?

Nggih mesti saget to mase, silakan login ke cpanel, klik awstats, perhatikan pada detail pemakaian bandwidth, di situ dijelaskan semua apa yang menyebabkan bandwidth kuota anda cepet habis.

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang bandwidth limit, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian atau salah dalam mendefinisikan.

Untuk menganalisa dari sisi awstats dapat anda baca di sini

Comment using your Facebook


Warning: Division by zero in /home2/saka21/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1379

Baru ada 18 respon di tulisan “Mengapa bandwidth limit exceeded?

  1. makasi saharingnya mas dwi
    biar saya tambah pinter

    selama ini klo ada masalah
    teriaknya ke bloggerpemula aja ;))

    blog miring begini apa gak nyedot bandwidth ya..?

  2. makasih Mas Dwi utk tulisannya yg bermanfaat
    biasanya mah bloggerpemula aja yg jadi korban diteriak2 in pake toa pinjeman dr masjid sebelah…….xixixi…. πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    moga2 aja saya jd lumayan sedikit pinter, gak super duper gatek abadi nan jaya….
    salam

  3. mas mau tanya situs saya dimakan badwithnya oleh Robots/Spiders yang tidak dikenal baru 3 hari dah 4 GB bisa dibantukah saya ?menanggulanginya agar tidak limit bandwith

  4. mas bisa bantu saya…situs saya dimakan badwithnya sama Robots/Spiders tidak dikenal baru 3 hari sudah 3 GB yang di makan sm dia. bisa diaksih saran atau solusinya.
    maturnuwun

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *