Start from Ending

Apa yg akan anda lakukan jika anda mengikuti lomba lari maraton 42 km, tetapi panitia lomba tidak memberi tahu dimana letak garis finish-nya dan tidak menyediakan rambu2 yg bisa menuntun para peserta untuk bisa sampai ke garis finish? Start dari depan gerbang Istana Bogor, finish entah dimana: Depok, Cipanas, atau Jasinga, silakan tebak sendiri!

Apakah dalam keadaan ini anda akan terus berlari tanpa tujuan? Saya tebak, kemungkinan besar anda akan berhenti berlari, meskipun anda merasa masih sangat kuat. Artinya, anda bisa mengambil keputusan untuk berhenti berlari hanya karena ketidak jelasan garis finish. Betul?

Berapa lama anda bisa menyelesaikan pemasangan jig saw puzzle 500 keping, bila anda tidak pernah melihat gambar jadinya atau gambar akhirnya? Seminggu atau dua minggu? Mungkin malah tidak akan pernah berhasil anda selesaikan. Mengapa? Karena anda tidak mempunyai bayangan, bagaimana keping2 itu harus disusun dan akan membentuk gambar apa.

Garis finish dan Gambar Puzzle tadi merupakan sebuah impian, itulah dream yang divisualkan. Tanpa gambaran akhir yang jelas, bisa jadi kita akan menjalani hidup ini seperti orang yang berlari maraton tanpa tahu dimana garis finishnya. Hidup seperti itu akan sangat melelahkan dan menguras semangat.

Mulailah segala sesuatu dari tujuan akhir agar langkah anda terarah menuju hasil yang diinginkan. Mulailah segala sesuatu dengan gambaran akhir yang jelas di kepala kita. Itulah yang disebut blue print kehidupan, itulah yang disebut Start from Ending. Stop Dreaming and Start Action Build Your Dream, and Start the Right Action โ€“ Right Now..!!!

*** dikutip dari buku Refuse to Lose karya Abdul Basith

Comment using your Facebook


Warning: Division by zero in /home2/saka21/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1379

Baru ada 19 respon di tulisan “Start from Ending

  1. saya sependapat sekali dengan pesan yang ada di artikel ini. Mirip ketika awal ngeblog karena tidak ada tujuan, yang penting punya dot com he he. Ujung-ujungnya terombang ambing kebingungan mau diisi apa.
    Trims Kang atas pesannya.
    Salam hangat selalu ๐Ÿ™‚

  2. Wow… Pantes pagi2 udah semangat BW, ternyata punya artikel hangat…. :red_heart:

    Pas ketika sekarang baru memasuki 2010, blue print segera dicetak, mantapkan tujuan akhir, bidik sasaran, insha Alloh goal walau tak finish di depan… :bad_smile:

  3. :big_smile:
    terima kasih kunjungan perdana ke blog saya, ini ceritanya kunjungan balasan, kang !!!
    masa’siy tulisan saya berat? saya malah merasa berat baca tulisan kamu, hehehe … dalem bow, … thanks, menginspirasi untuk memulai dengan penetapan tujuan.
    great !!!

    salam,
    “L”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *