Kotak Pengurung bernama “Khatulistiwa”

Pemirsa… pe-pe-pe… mi-mi-mir… sa-sa-sa… pemirsa… *Tukul mode on* Hidup di Indonesia sebagai tanah air tercinta ini memang sangat menyenangkan… Selain orangnya ramah2, kaya dengan alam dan budaya, juga memiliki iklim tropis… ada musim panas ada musim hujan. Tapi paling enak kalo musim duren hihihihi… Kalo kata guru Geografi dulu waktu SMP, hal ini karena letak Indonesia berada di garis khatulistiwa

Indonesia berada di tengah2 antara kutub utara dan kutub selatan *geura puterkeun globena* Hal ini kemudian berpengaruh pada kebiasaan ato cara kita berpikir. Contohnya dalam membuat peta dan arah mata angin, orang yang tinggal di garis khatulistiwa cenderung menggambar peta dengan skala yg hampir berbentuk kotak – karena khatulistiwa berada di tengah2 kutub utara dan kutub selatan tadi…

Jika ingin buktinya silakan simak dengan teliti tentang teka-teki sang pemburu beruang. Mungkinkah hal itu terjadi? Jika memang mungkin, dimanakah tepatnya kejadian itu berlangsung?

Kita yg tinggal di garis khatulistiwa ‘normalnya’ akan menggambarkan lintasan beruang tersebut dengan lintasan berbentuk huruf ‘U’ seperti di bawah ini :

Dan kita akan menganggap ‘tidak mungkin’ ada kejadian seperti itu. Kita akan menuntut beruang tersebut untuk berbelok sekali lagi, jika ingin kembali ke titik X.

But “Nothing is impossible”, mari buktikan. Lintasan U tersebut hanya terjadi di daerah yg terlintas garis khatulistiwa. Jika posisinya semakin mendekati kutub utara, maka lintasan tersebut akan semakin menyerupai bentuk ฮ”, silakan perhatikan gambar globe di atas – perhatikan garis bujur dan garis lintangnya. Bukan berbentuk U ato persegi lagi, melainkan semakin membentuk ฮ”

Jadi… peristiwa itu sangat mungkin terjadi di daerah kutub utara. Jika dilihat dari cerita pemburu beruang dan pertanyaannya memang sedikit mengajak kita untuk memutar otak. Dan warna beruang tersebut bisa dipastikan berwarna PUTIH. Belum ditemukan beruang kutub berwarna merah, kuning, hijau… apalagi warna pelangi :haha: :haha: :haha:

Selama ini mungkin kita gak sadar bahwa bumi ini bulat, kita gak sadar bahwa dunia ini luas, selama ini kita hanya terpaku dengan yang ada di sekitar kita saja… Dalam kasus ini kita terkurung dalam sebuah kotak bernama “khatulistiwa”

Comment using your Facebook


Warning: Division by zero in /home2/saka21/public_html/wp-includes/comment-template.php on line 1379

Baru ada 23 respon di tulisan “Kotak Pengurung bernama “Khatulistiwa”

  1. Maaf klo musim duren malah saya yg benci soalnya saya paling ga suka ama duren hehehe… naha jadi kana dahareun,iya kang kita harus banyak bersyukur dengan negri kita yang loh jinawi subur makmur kerta raharja,cuma moral dan tingkat pemikiran manusianya yg kurang baik jadilah negeri ini seperti sekarang ini kudu dikumahakeun ieu teh sok….emutan ku akang.

    Salam sukses n ay lap yu pulll

  2. ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    RAIHLAH โ€œJATI DIRI MANUSIAโ€.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang โ€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *