Merintis Bisnis dari Hobby

Penulis ›Yayat S38

Seseorang yang pernah menjadi salah satu karyawan di perusahaan menengah yang bergerak di bidang distribusi minyak dan gas. Saat ini sedang mencoba belajar dan mencari peruntungan di bisnis online dan lagi doyan motret.

Banyak yang bisa kita lihat di sekeliling, mereka berhasil merintis bisnis dari hobbynya. Tidak usah jauh-jauh mata memandang ke seorang Michael Dell yang mengembangkan sebuah komputer dan kini banyak kita temukan merk Dell menghiasi toko-toko komputer di seluruh dunia. Kita lihat saja pemilik blog ini yang hobby utak atik kode dan desain web akhirnya menjadi seseorang yang diperhitungkan di dunia affiliasi sebagai pembuat template wordpress yang berbasis toko online. Atau kawan saya yang baik hati, tidak sombong dan rajin menabung domain ini, kini berbuah ratusan bahkan ribuan dolar hanya karena hobby memandang komputer lantas menelisik beberapa kemungkinan yang ada di komputer akhirnya menemukan celah untuk bergelut di bidang affiliasi dan advertising. Setahu saya, kedua orang itu hanya dalam kurun 3 tahun untuk meraih sukses dan menemukan jatidirinya. ;))

Atau juga yang tidak melulu yang ada hubungannya dengan komputer. Kawan saya yang satu ini malah mengaku gaptek. Orang bikin sitemap aja sampai saat ini gak bisa-bisa (ngakunya begitu). Akan tetapi dari hobbynya traveling dibarengi dengan kemampuan mengolah kata sehingga bisa mendeskripsikan perjalannya dalam sebuah tulisan, maka tak ayal, sekelas Koran Sindo pun memberikan pengakuan untuk mengangkatnya menjadi redaktur dan tentu saja dalam tugasnya mendapat kesempatan keliling dunia. Alhasilnya tulisan manisnya kerap kita jumpai di koran tersebut baik online maupun offline atau juga di blognya.

Jika kita membaca kisah sukses mereka yang dari hobby menghasilkan penghasilan yang memadai, akan membuat kita tertegun dan bahkan sambil koprol kita bilang woww.

hobby nyetir

Orang ini hobbynya nyetir. Kini dalam kurun waktu 2 tahun sudah mengelola 8 buah mobil untuk rental mobil di Jatinangor.

Saya pikir kita bisa seperti itu. Tiap insan dimana kita menerima bentuk tubuh yang sempurna dilengkapi dengan indra yang multifungsi serta akal, juga memiliki rasa yang menumbuhkan keinginan sehingga masing-masing tumbuh ketertarikan. Karena ketertarikan yang berbeda lantas berkembang jadilah sebuah siklus hidup sehingga hidup menjadi lebih hidup. Hobby memberikan kontribusi kehidupan menjadi semarak. Ikut menyumbang perputaran roda perekonomian.

Jika belajar dari mereka, saya sedikit menyimpulkan, hobby mereka tidak sekedar hobby. Tapi hobby yang dikembangkan untuk menghasilkan produk yang layak nilai. Orang melihatnya kemudian timbul rasa suka dan berani menghargainya bahkan dengan nilai yang sangat tinggi.

Tulisan ini dibuat tidak serta merta saya yang baru seumur jagung bergelut di dunia fotografi kemudian menyatakan diri sudah berhasil. Tentu saja tidak. Tulisan ini hanya sebagai pengingat bagi saya supaya saya tidak kendur apalagi bosenan ketika baru melangkah kemudian bertemu dengan sebuah tantangan bahkan sandungan. Semuanya tidak terlepas dari proses untuk menuju berhasil. “Nikmati, tekuni dan kembangkan!!!”, itulah bisikan tetangga saya ke telinga saya kemarin sore.

Yuk kita kembangkan hobby kita. :)

 

Comment using your Facebook

Baru ada 2 respon di tulisan “Merintis Bisnis dari Hobby

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>