Menatap Kesibukan Bisnis Online

Penulis ›Yayat S38

Seseorang yang pernah menjadi salah satu karyawan di perusahaan menengah yang bergerak di bidang distribusi minyak dan gas. Saat ini sedang mencoba belajar dan mencari peruntungan di bisnis online dan lagi doyan motret.

bisnis onlineTulisan ini terinspirasi dari artikelnya pemilik blog ini yang berjudul Mending Bisnis Online atau Bisnis Nyata ? dimana saya hari ini kebetulan membaca kembali dan teringat oleh masa lalu saya yang “indah” di kantor yang lama, di Jakarta.

Membandingkan bukan untuk dicari mana yang baiknya dan mana yang buruknya, toh ini pengalaman saya dan saya punya pilihan. Pembaca blog ini pasti punya pandangan yang berbeda. Dan perbedaan adalah rahmat. Jadi biarkan saat ini saya coba melamun masa lalu.

Dulu …..  saya teringat dalam suatu hari :

  • Pagi jam 6 saya sudah harus nongkrong di perempatan Slipi untuk menunggu jemputan bos saya karena kebetulan saya harus mendampingi beliaunya ke Polres Tangerang karena Bos saya terlibat sebuah kasus. Kami hanya menyampaikan pesan, walau Bos saya menerima panggilan hari ini tapi tidak siap diperiksa mengingat banyak kegiatan yang harus dilalui untuk menentukan perusahaan. Polisinya baik hati dan mengijinkan .. setelah ….
  • Jam 10.00 tepat, kendaraan Bos saya tepat parkir di halaman BNI Gatot Subroto. Beragam presentasi dan negosiasi dilakukan untuk permohonan kredit baru sehubungan dengan kapal yang baru mengalami renovasi. Jam 12 baru selesai. menuju kantor di Cempaka Putih untuk menyerahkan hasil, cek segala berkas rutin, cukup 30 menit lantas menuju Jatibening karena ada permasalahan dengan supplier/SPPBE.
  • Satu jam di Kantor JatiBening lantas saya kembali ke Kantor Cempaka Putih untuk menemui beberapa kolega dan laporan-laporan anak buah. Menemui para pimpinan perusahaan yang berafiliasi kemudian kami harus bertemu dengan seseorang di bilangan Tebet. Jam 20.00 kami baru mulai. Lantas jam 22.00 saya tidak pulang ke rumah, tapi harus ke Bandung karena esok pagi harus beracara di bilangan Buah Batu.

Kini … kantor saya hanya 7 langkah dari tempat tidur. Namun :

  • Jam 5 subuh saya sudah jalan karena ada target pengen memiliki blog hobby yang saya geluti saat ini yaitu memotret dan harus diisi dengan serius supaya menghasilkan. Jam 7 saya sudah kembali sampai rumah.
  • Periksa email .. dan ternyata banyak domain yang mau expired. Saya harus memilih mana yang akan dibiarkan hanyut dan mana yang harus dipelihara. Selama 1 jam saya memeriksa ini, dan kemudian yang harus dipelihara saya menggunakan metoda transfer domain supaya biayanya bisa lebih murah sampai 40%.
  • Menerima dulu pendaftaran kontes belanja online yang saya adakan kebetulan hari ini ada yang daftar.
  • Selesai saya coba belajar ngedit foto karena miskin ilmu photoshop. Hampir 2 jam saya melakukan ini kemudian saya posting di blog.
  • Selesai posting saya coba memeriksa earning. hari ini lumayan walau stagnan. Setidaknya ada harapan bulan besok bisa beli lensa ;)) .Lantas hiburan … bangun kota sebentar ;)).
  • Membuat blog baru untuk persiapan ikut kontes blog foto anak yang diselenggarakan oleh Blogcamp. Dari mulai reinstall sampai pada mengisi 4 artikel dan edit foto.Diselingi istirahat sebentar, sholat dan sarapan (jam 12 baru sarapan ;)) )
  • Update blog-blog lama yang sekiranya perlu perhatian dan memang harus dipelihara supaya dapur saya tetap bisa ngebul.
  • Istirahat sebentar, bermain dengan Aiko yang tiap hari selalu nggemesin.
  • Kembali ke laptop lanjut dengan ngurus blog baru tentang anak, kemudian riset visitor sedikit dimana kebetulan ada ide yang tersirat. Ternyata banyak saingannya. Saya mundur he he.
  • Kembali posting, total posting hari ini termasuk blog sampai sore ini hanya 11 artikel. 6 unik, 5 rewrite.
  • Posting di blog ini … kemudian entar malem saya pengennya motret malam di sekitaran tugu Pahlawan, untuk bahan bikin blog juga he he.

Itu adalah versi saya yang hasilnya masih jauh dari para master. Saya tidak bisa membayangkan kehebatan pemilik blog ini yang kadang sampai jam 3 pagi YMnya masih On pertanda kehidupan di dunia onlinenya masih berjalan, atau guru online saya yang lain yang memiliki ratusan blog. Mereka bekerja keras dengan nyata-nyata bekerja keras.

Saya pikir untuk menghasilkan sesuatu memang harus kerja keras. Dunia online bukan dunia awang-awang, tapi dunia nyata juga yang sebenarnya ada kesibukan dan ada strategi, ada aksi dan ada hasil.

Comment using your Facebook

Baru ada 14 respon di tulisan “Menatap Kesibukan Bisnis Online

  1. dan aku bisa menemui sang direktur setiap saat
    minta tolong ini itu tanpa khawatir keningnya berkerut. :))

    aku dukung terus kang yayat
    rezeki ada di semua jalan
    tugas kita adalah meraihnya.

  2. Membaca komentar pada kotak komentar FB, wow keren kalau kegiatan online mempergunakan manajemen yang mantabs, tertib dan teratur segalanya akan lebih mantabs

    maju terus dan semakin maju

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>